Rabu, 25 April 2018

belajar untuk berusaha dari kecil-kecil. edu


KATA PENGANTAR
Puji setra syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT., yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, penulis juga merasa sangat bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
Dengan nikmat hidayah-Nya pula penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Edupreneurship. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih begitu banyak kekurangan-kekurang dan kesalahan-kesalahan baik dari isi maupun dari segi penulisannya. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang positif untuk kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan lebih khusus bagi penulis. Aamiin



Amuntai,      Agustus 2017

penulis




DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………………..  i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….   ii
BAB 1             Pendahuluan …………………………………………………….   1
A.    Latar Belakang………………………………………………..    1
B.     Rumusan Masalah…………………………………………….    1
BAB II            Pembahasan ……………………………………………………...  2
A.    Bisnis Kewirausahana Aksesoris Souvenir Bros …………...      2
B.     Segmentasi Pemasaaran dan Harga Pemasaran …………….      5
C.     Jenis Produk ………………………………………………….   5
D.    Keunggulan Produk …………………………………………..  7
E.     Perkembangan Strategi Bisnis Souvenirs Aksesoris Bros ….      8
BAB III          Penutup …………………………………………………………… 9
Simpulan ………………………………………..........................      9


PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Saat ini banyak sekali remaja yang mengutamakan penampilannya, mereka sering menggunakan aksesoris untuk menunjang penampilannya ketika di sekolah, kampus, lingkungan tempat ia tinggal, atau ketika sedang hang out dengan teman-temannya.
Remaja saat ini sangat peka terhadap penampilannya. Mulai dari memakai bando, cincin, gelang, kalung, anting, pita, jepitan, ikat rambut, dan lain sebagainya, tafi itu untuk aksesoris perempuan yang mungkin tidak memkai hijab, disini penulis ingin membuat rencana bisnis tentang usaha penjualan aksesoris yang bias di pakai oleh wanita yang menggunakan hijab yaitu bros.
Dalam menjalankan suatu bisnis yang pertama adalah bagaimana kita menciptakan suatu inovasi baru, dimana nantinya aksesoris yang ingin saya pasarkan adalah aksesoris yang lebih unik, lebih cantik, lebih elegan, lebih awet, dan dijamin digemari tidak hanya oleh para remaja tetapi juga ibu-ibu.
Dalam memulai wirausaha tidak harus dengan modal yang besar. Beberapa jenis usaha bisa dimulai dengan modal yang kecil seperti halnya bisnis usaha souvenir bros ini. Prakteknya pun bisa disambil dengan tetap melakukan pekerjaan utamanya, apalagi untuk para mahasiswa bisa tetap kuliah dan mendapat penghasilan sampingan, karena usaha ini tidak menguras banyak waktu dan tenaga karena membuatnya cuma dengan duduk santai saja. Dalam makalah ini akan dibahas secara lebih detail lagi bagaimana bisnis aksesoris bros ini.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana berbisnis kewirausahaan aksesoris souvenir bros ?
2.      Bagaiman perkembangan strategi bisnis souvenirs aksesoris bros ?


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Bisnis Kewirausahaan Aksesoris Souvenir Bros
Bisnis adalah suatu usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas.
Perencanaan Bisnis adalah suatu langkah penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana, tanpa memandang ukuran bisnis. Dalam dunia bisnis perencanaan tidak boleh diabaikan, apalagi untuk pencapaian tujuan dalam dunia bisnis diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Apakah itu modal, tenaga, pikiran ataupun pengorbanan-pengorbanan yang lain. Sehingga dalam perencanaan bisnis hendaknya dilakukan secara cermat, akurat serta dapat meyakinkan. Tolok ukur dari sebuah usaha yang akan dijalankan adalah adanya perencanaan bisnis yang tepat dalam membangun sebuah usaha. Perencanaan ini merupakan kumpulan dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang ataupun jasa dengan menghasilkan profit(keuntungan) yang tinggi dan menarik bagi investor, untuk menanamkan modalnya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.
Wirausaha mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan. Kewirausahaan dilihat dari sumber daya yang ada di dalamnya adalah seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar daripada sebelumnya dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan, inovasi, dan aturan baru.
Kewirausahaan dalam arti proses yang dinamis adalah kewirausahaan merupakan sebuah proses mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resiko social, dan akan menerima reward(penghargaan) yang berupa keuangan dan kepuasan serta kemandirian personal.
Seseorang yang melakukan suatu pekerjaan mendapatkan perhatian yang penting oleh masyarakat sekitar. Pokok perhatiannya yaitu saat kehidupan dan juga nafkah tidak ditanggung lagi oleh orang lain termasuk orang tua.
Melakukan sesuatu hal yang disenangi merupakan salah satu ciri khas anak muda. Banyak yang melakukan bisnis dengan alasan just for fun atau hanya untuk bersenang-senang. Berawal dari hobi dan kesenangan, lalu mulai menggarap bisnis menjadi sesuatu yang lebih serius lagi. Dengan menjalani sesuatu berdasarkan kesenangan, ternyata bisa berakibat positif terhadap perkembangan bisnis. Walaupun pada awalnya hanya dilakukan untuk memuaskan hobi-hobi yang terpendam, tanpa terasa, kesenangan-kesenangan dalam berbisnis yang dilakukan bisa menghasilkan uang. Just for fun, but can produce the money.
Bisnis yang dilakukan oleh anak muda dalam memanfaatkan potensi-potensi mereka merupakan sesuatu yang patut ditiru. Saat usia yang tergolong muda banyak yang sudah bisa berkarya untuk menghidupi diri sendiri. Masa muda masa berkarya, berkreasi dan penuh ide-ide segar, masa muda sangat sayang bila dilewati tanpa suatu karya apapun.
Setiap sesuatu yang ingin diusahakan tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko yang akan dialami apabila mengalami kegagalan juga besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon orang yang sukses. Jangan takut akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.
Saat ini tiap wanita baik anak-anak, remaja, pemudi, maupun dewasa dalam berpenampilan tidak lepas dengan pemakaian aksesoris-aksesoris yang beraneka ragam.
Perkembangan fashion dibidang aksesoris bisa dikatakan kerajinan yang sudah ada sejak dulu ini semakin banyak digemari. Semakin berkembangnya gaya hidup yang dinamis, modern dan modis yang mengakibatkan lahirnya keinginan untuk tampil lebih menarik, utamanya bagi kaum wanita dan tak terkecuali pada wanita Muslimah dan kini, semakin banyak cara untuk bisa tampil modis. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan cara memakai jilbab dengan berbagai aksesoris menarik yang kini telah begitu banyak dipasarkan. Aksesoris merupakan pelengkap yang akan selalu mengikuti mode. Selain sebagai alat bantu pengait (peniti), juga berfungsi untuk mempercantik penampilan berhijab.
Oleh karena aksesoris banyak diminati, disukai dan digemari banyak orang, merintis usaha baru dengan membuka usaha aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup lumayan bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan yang membuka usaha aksesoris tersebut kurang begitu banyak.
Berdasarkan adanya faktor-faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan-bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
Usaha souvenir bros memiliki peluang pasar yang cukup baik di Indonesia, bahkan luar negeri. Hal ini dikarenakan produk souvenir merupakan produk yang tidak diproduksi dalam jumlah besar-besaran, sehingga unggul dari segi kualitas. Produk kerajinan tangan pun bisa dibilang memiliki konsumen yang haus akan karya-karya kreatif dan tidak pasaran.
B.     Segmentasi Pemasaaran dan Harga Pemasaran
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi industri.Maka dari itu harus terfikirkan dan terencana sematang mungkin dari aspek segmentasi pasar ini. Dalam segementasi ini, bisa memprediksikan jenis promosi , lokasi usaha , kelangsungan produksi dan lain-lain. Maka dari itu  memilih lokasi di wilayah perkotaan, karena di perkotaan banyak terdapat lapisan masyarakat dengan daya beli menengah ke atas.
Kemajuan teknologi informasi ini terlihat semakin pesat pada pengembangan internet atau online. Dengan pengembangan internet atau online digunakan untuk mengenalkan suatu produk atau jasa layanan atau yang disebut dengan promosi sebuah toko kepada para pengguna internet. Untuk itu dalam internet atau online yang ditampilkan haruslah memiliki interface yang bagus, menarik dan dinamis sesuai dengan bidang yang dikelola oleh sebuah toko.
Untuk harga berbeda-beda pula, harga terjangkau dari 7 ribu sampai dengan 30.000. Harga sesuai dengan barang dan kecantikkan variasi pada bros itu.
C.    Jenis Produk
Usaha ini merupakan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang aksesoris perempuan, sehingga jenis-jenis produk yang akan dijual disini adalah semua hal yang berhubungan dengan aksesoris perempuan, baik aksesoris untuk anak kecil, remaja maupun untuk orang dewasa.
Produk yang hasilkan terbuat dari bahan kain flanel, yakni dengan mempola gambar yang diinginkan  pada kain flanel tersebut lalu gunting sesuai dengan pola yang telah dibuat, Setelah pola sudah jadi maka susunlah satu per satu kain yang sudah dipola lalu diberikan sedikit lem sebagai perekat atau biasa dikenal sebagai lem tembak yang biasanya dipakai dalam pembauatan bros ini. Dari kain flanel tersebut kita bisa membuat aneka bentuk bross. Produk itu tentulah mempunyai keunikan tersendiri dan kami optimis produk kami akan laku dipasaran karena bentuk nya yg lucu dan unik. Misalnya jenis produk yang hasilkan;
a.       kupu-kupu
b.      capung
c.       bentuk love
d.      macam-macam bentuk bunga dan banyak bentuk yang lainnya
contohnya :











 











D.    Keunggulan Produk
Semua produk yang hasilkan mempunyai keunggulan yang sama yaitu lucu karena bentuk dan warna nya bermacam-macam dan produk yang  hasilkan adalah kerajinan tangan.
Produk-produk aksesoris bros yang dihasilkan ini merupakan suatu produk yang pada dasarnya bisa bertahan lama dan bisa awet dan tidak cepat rusak. Tapi kuat dan tahan lamanya suatu barang itu tergantung juga pada bagaimana cara merawat dan menjaga barang tersebut agar tetap bisa bertahan lama. Sehingga pemilik aksesoris bros juga harus menjaga kondisi barang agar tetap awet dan tahan lama.
E.     Perkembangan Strategi Bisnis Souvenirs Aksesoris Bros
Strategi pemula untuk perkembangan usaha ini sangatlah mudah, kita cukup mengenalkan kepada teman, saudara, teman, tetangga dan lainnya, kita juga bisa memposting foto-foto yang menarik di media sosoal seperti BBM, instagram, facebook dan lainnya untuk mempertlihatkan kecantikkan produk aksesoris bros yang kita buat.
Untuk mahasiswa yang bergelut pada usaha ini dalam perkembangan usaha ini bisa juga menjual aksesoris disekitar daerah kampus, sehingga belum ada persaingan dagang yang berarti antar masing – masing pengusaha yang ada. Oleh karena itu, untuk saat ini masih bisa membuka bisnis baru dan berjualan dengan sedikit santai karena belum ada saingannya.
Tapi untuk mengatasi bila ada pesaing dalam berdagang, dapat dilakukan dengan cara memberikan potongan harga barang tapi dengan tetap mempertahankan kualitas barang yang dijual. Hal ini dimaksudkan agar konsumen tetap tertarik dengan barang kita jual dan tidak berpindah ke tempat lain. Selain itu bisa juga dengan melakukan promosi – promosi yang dapat menarik pembeli, seperti beli dua gratis satu. Disam ping itu juga bisa dengan memberlakukan kupon berhadiah.


BAB III
PENUTUP
Simpulan
Merintis usaha baru dengan bisnis souvenirs aksesoris bros merupakan suatu usaha yang memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini dikarenakan belum ada pesaing dalam penjualan aksesoris.
Berdasarkan adanya faktor-faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan-bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
Aksesoris yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang bagus, karena aksesoris ini dibuat sendiri dengan tangan-tangan kreatif pembuatnya. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif terjangkau.
Memulai wirausaha tidak harus dengan modal yang besar. Beberapa jenis usaha bisa dimulai dengan modal yang kecil. Prakteknya pun bisa disambi dengan tetap melakukan pekerjaan utamanya.
Strategi pemula untuk perkembangan usaha ini sangatlah mudah, kita cukup mengenalkan kepada teman, saudara, teman, tetangga dan lainnya, kita juga bisa memposting foto-foto yang menarik di media sosial seperti BBM, instagram, facebook dan lainnya untuk mempertlihatkan kecantikkan produk aksesoris bros yang kita buat. Karena untuk usaha ini tanpa membangun sebuah toko dulu pun kita sudah bisa melakukan usaha ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar