KATA
PENGANTAR
Puji setra syukur marilah kita
panjatkan kepada kehadirat Allah SWT., yang telah memberikan begitu banyak
nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang
telah didapatkan dari Allah SWT. Selain itu, penulis juga merasa sangat
bersyukur karena telah mendapatkan hidayah-Nya baik iman maupun islam.
Dengan nikmat hidayah-Nya pula
penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Edupreneurship. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih
begitu banyak kekurangan-kekurang dan kesalahan-kesalahan baik dari isi maupun
dari segi penulisannya. Oleh karena itu sangat diharapkan kritik dan saran yang
positif untuk kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi para pembaca dan lebih khusus bagi penulis. Aamiin
Amuntai, Agustus
2017
penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
………………………………………………………….. i
DAFTAR ISI
……………………………………………………………………. ii
BAB 1 Pendahuluan ……………………………………………………. 1
A.
Latar
Belakang……………………………………………….. 1
B.
Rumusan
Masalah……………………………………………. 1
BAB II Pembahasan ……………………………………………………... 2
A.
Bisnis
Kewirausahana Aksesoris Souvenir Bros …………... 2
B.
Segmentasi
Pemasaaran dan Harga Pemasaran ……………. 5
C.
Jenis
Produk …………………………………………………. 5
D.
Keunggulan Produk ………………………………………….. 7
E.
Perkembangan Strategi Bisnis Souvenirs
Aksesoris Bros …. 8
BAB III Penutup …………………………………………………………… 9
Simpulan ……………………………………….......................... 9
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Saat ini banyak sekali
remaja yang mengutamakan penampilannya, mereka sering menggunakan aksesoris
untuk menunjang penampilannya ketika di sekolah, kampus, lingkungan tempat ia
tinggal, atau ketika sedang hang out dengan teman-temannya.
Remaja saat ini sangat
peka terhadap penampilannya. Mulai dari memakai bando, cincin, gelang, kalung,
anting, pita, jepitan, ikat rambut, dan lain sebagainya, tafi itu untuk
aksesoris perempuan yang mungkin tidak memkai hijab, disini penulis ingin
membuat rencana bisnis tentang usaha penjualan aksesoris yang bias di pakai
oleh wanita yang menggunakan hijab yaitu bros.
Dalam menjalankan suatu
bisnis yang pertama adalah bagaimana kita menciptakan suatu inovasi baru,
dimana nantinya aksesoris yang ingin saya pasarkan adalah aksesoris yang lebih
unik, lebih cantik, lebih elegan, lebih awet, dan dijamin digemari tidak hanya
oleh para remaja tetapi juga ibu-ibu.
Dalam memulai wirausaha tidak harus
dengan modal yang besar. Beberapa jenis usaha bisa dimulai dengan modal yang
kecil seperti halnya bisnis usaha souvenir bros ini. Prakteknya pun bisa
disambil dengan tetap melakukan pekerjaan utamanya, apalagi untuk para
mahasiswa bisa tetap kuliah dan mendapat penghasilan sampingan, karena usaha ini
tidak menguras banyak waktu dan tenaga karena membuatnya cuma dengan duduk
santai saja. Dalam makalah ini akan dibahas secara lebih detail lagi bagaimana
bisnis aksesoris bros ini.
B.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana berbisnis kewirausahaan aksesoris souvenir bros ?
2. Bagaiman perkembangan strategi bisnis souvenirs
aksesoris bros ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Bisnis Kewirausahaan Aksesoris Souvenir Bros
Bisnis
adalah suatu usaha memenuhi kebutuhan manusia, organisasi ataupun masyarakat
luas dengan motif mencari keuntungan atau tidak. Manusia bisnis adalah orang
yang mampu melihat kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba melayani secara
baik sehingga masyarakat menjadi senang dan puas.
Perencanaan
Bisnis adalah suatu langkah penting yang perlu diambil oleh
pengusaha bijaksana, tanpa memandang ukuran bisnis. Dalam dunia bisnis
perencanaan tidak boleh diabaikan, apalagi untuk pencapaian tujuan dalam dunia
bisnis diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Apakah itu modal, tenaga,
pikiran ataupun pengorbanan-pengorbanan yang lain. Sehingga dalam perencanaan
bisnis hendaknya dilakukan secara cermat, akurat serta dapat meyakinkan. Tolok
ukur dari sebuah usaha yang akan dijalankan adalah adanya perencanaan bisnis
yang tepat dalam membangun sebuah usaha. Perencanaan ini merupakan kumpulan
dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk
menjual barang ataupun jasa dengan menghasilkan profit(keuntungan) yang tinggi
dan menarik bagi investor, untuk menanamkan modalnya.
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, wirausaha adalah orang yang pandai
atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru,
menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan
operasinya serta memasarkannya.
Wirausaha
mengarah kepada orang yang melakukan usaha/kegiatan sendiri dengan segala
kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan kewirausahaan menunjuk kepada sikap
mental yang dimiliki seorang wirausaha dalam melaksanakan usaha/kegiatan.
Kewirausahaan dilihat dari sumber daya yang ada di dalamnya adalah
seseorang yang membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan asset
lainnya pada suatu kombinasi yang menambahkan nilai yang lebih besar
daripada sebelumnya dan juga dilekatkan pada orang yang membawa perubahan,
inovasi, dan aturan baru.
Kewirausahaan
dalam arti proses yang dinamis adalah kewirausahaan merupakan sebuah proses
mengkreasikan dengan menambahkan nilai sesuatu yang dicapai melalui usaha keras
dan waktu yang tepat dengan memperkirakan dana pendukung, fisik, dan resiko
social, dan akan menerima reward(penghargaan) yang berupa keuangan dan kepuasan
serta kemandirian personal.
Seseorang
yang melakukan suatu pekerjaan mendapatkan perhatian yang penting oleh
masyarakat sekitar. Pokok perhatiannya yaitu saat kehidupan dan juga nafkah
tidak ditanggung lagi oleh orang lain termasuk orang tua.
Melakukan
sesuatu hal yang disenangi merupakan salah satu ciri khas anak muda. Banyak
yang melakukan bisnis dengan alasan just for fun atau hanya untuk
bersenang-senang. Berawal dari hobi dan kesenangan, lalu mulai menggarap bisnis
menjadi sesuatu yang lebih serius lagi. Dengan menjalani sesuatu berdasarkan
kesenangan, ternyata bisa berakibat positif terhadap perkembangan bisnis.
Walaupun pada awalnya hanya dilakukan untuk memuaskan hobi-hobi yang
terpendam, tanpa terasa, kesenangan-kesenangan dalam berbisnis yang dilakukan
bisa menghasilkan uang. Just for fun, but can produce the money.
Bisnis
yang dilakukan oleh anak muda dalam memanfaatkan potensi-potensi mereka
merupakan sesuatu yang patut ditiru. Saat usia yang tergolong muda banyak yang
sudah bisa berkarya untuk menghidupi diri sendiri. Masa muda masa
berkarya, berkreasi dan penuh ide-ide segar, masa muda sangat sayang bila
dilewati tanpa suatu karya apapun.
Setiap
sesuatu yang ingin diusahakan tentu akan ada resikonya. Semakin besar hasil
yang ingin dicapai, tentu kemungkinan resiko yang akan dialami apabila
mengalami kegagalan juga besar. Orang yang berani mengambil resiko adalah calon
orang yang sukses. Jangan takut akan kegagalan, tapi jadikanlah kegagalan itu
sebagai batu loncatan menuju kesuksesan.
Saat
ini tiap wanita baik anak-anak, remaja, pemudi, maupun dewasa dalam
berpenampilan tidak lepas dengan pemakaian aksesoris-aksesoris yang beraneka
ragam.
Perkembangan
fashion dibidang aksesoris bisa dikatakan
kerajinan yang sudah ada sejak dulu ini semakin banyak digemari. Semakin
berkembangnya gaya hidup yang dinamis, modern dan modis yang mengakibatkan
lahirnya keinginan untuk tampil lebih menarik, utamanya bagi kaum wanita dan
tak terkecuali pada wanita Muslimah dan kini, semakin banyak cara untuk bisa
tampil modis. Salah satunya adalah dengan mengkreasikan cara memakai jilbab
dengan berbagai aksesoris menarik yang kini telah begitu banyak dipasarkan.
Aksesoris merupakan pelengkap yang akan selalu mengikuti mode. Selain sebagai
alat bantu pengait (peniti), juga berfungsi
untuk mempercantik penampilan berhijab.
Oleh
karena aksesoris banyak diminati, disukai dan digemari banyak orang, merintis
usaha baru dengan membuka usaha aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang
diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup lumayan bagi pemiliknya.
Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar perempuan
sehingga permintaan akan barang aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan yang
membuka usaha aksesoris tersebut kurang begitu banyak.
Berdasarkan
adanya faktor-faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan-bahan,
sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan
membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan
memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang
relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
Usaha souvenir bros memiliki
peluang pasar yang cukup baik di Indonesia, bahkan luar negeri. Hal ini
dikarenakan produk souvenir merupakan produk yang tidak diproduksi dalam
jumlah besar-besaran, sehingga unggul dari segi kualitas. Produk kerajinan
tangan pun bisa dibilang memiliki konsumen yang haus akan karya-karya kreatif
dan tidak pasaran.
B.
Segmentasi Pemasaaran dan Harga Pemasaran
Segmentasi
pasar sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi industri.Maka dari itu
harus terfikirkan dan terencana sematang mungkin dari aspek segmentasi pasar
ini. Dalam segementasi ini, bisa memprediksikan jenis promosi , lokasi usaha ,
kelangsungan produksi dan lain-lain. Maka dari itu memilih lokasi di wilayah perkotaan, karena
di perkotaan banyak terdapat lapisan masyarakat dengan daya beli menengah ke
atas.
Kemajuan teknologi informasi ini
terlihat semakin pesat pada pengembangan internet atau online. Dengan
pengembangan internet atau online digunakan untuk mengenalkan suatu produk atau
jasa layanan atau yang disebut dengan promosi sebuah toko kepada para pengguna
internet. Untuk itu dalam internet atau online yang ditampilkan haruslah
memiliki interface yang bagus, menarik dan dinamis sesuai dengan bidang
yang dikelola oleh sebuah toko.
Untuk harga berbeda-beda pula, harga
terjangkau dari 7 ribu sampai dengan 30.000. Harga sesuai dengan barang dan
kecantikkan variasi pada bros itu.
C.
Jenis Produk
Usaha ini merupakan usaha atau
bisnis yang bergerak di bidang aksesoris perempuan, sehingga jenis-jenis produk
yang akan dijual disini adalah semua hal yang berhubungan dengan aksesoris
perempuan, baik aksesoris untuk anak kecil, remaja maupun untuk orang dewasa.
Produk yang hasilkan terbuat dari bahan kain flanel, yakni dengan mempola gambar yang
diinginkan pada kain flanel tersebut
lalu gunting sesuai dengan pola yang telah dibuat,
Setelah pola sudah jadi maka susunlah satu per satu kain yang sudah dipola lalu
diberikan sedikit lem sebagai perekat atau biasa dikenal sebagai lem tembak yang
biasanya dipakai dalam pembauatan bros ini. Dari kain flanel tersebut kita bisa membuat aneka bentuk bross. Produk
itu tentulah mempunyai keunikan tersendiri dan kami optimis produk kami akan
laku dipasaran karena bentuk nya yg lucu dan unik. Misalnya jenis produk yang hasilkan;
a.
kupu-kupu
b. capung
c. bentuk love
d. macam-macam bentuk bunga
dan banyak bentuk yang lainnya

contohnya :![]() |
|||
![]() |
|||
D.
Keunggulan Produk
Semua produk yang hasilkan
mempunyai keunggulan yang sama yaitu lucu karena bentuk dan warna nya bermacam-macam
dan produk yang hasilkan adalah
kerajinan tangan.
Produk-produk aksesoris bros yang
dihasilkan ini merupakan suatu produk yang pada dasarnya bisa bertahan lama dan
bisa awet dan tidak cepat rusak. Tapi kuat dan tahan lamanya suatu barang itu
tergantung juga pada bagaimana cara merawat dan menjaga barang tersebut agar
tetap bisa bertahan lama. Sehingga pemilik aksesoris bros juga harus menjaga
kondisi barang agar tetap awet dan tahan lama.
E.
Perkembangan Strategi
Bisnis Souvenirs Aksesoris Bros
Strategi pemula untuk perkembangan usaha ini sangatlah mudah, kita cukup
mengenalkan kepada teman, saudara, teman, tetangga dan lainnya, kita juga bisa
memposting foto-foto yang menarik di media sosoal seperti BBM, instagram,
facebook dan lainnya untuk mempertlihatkan kecantikkan produk aksesoris bros
yang kita buat.
Untuk mahasiswa yang bergelut pada usaha ini dalam perkembangan usaha ini
bisa juga menjual aksesoris disekitar daerah kampus, sehingga belum ada
persaingan dagang yang berarti antar masing – masing pengusaha yang ada. Oleh
karena itu, untuk saat ini masih bisa membuka bisnis baru dan berjualan dengan
sedikit santai karena belum ada saingannya.
Tapi untuk mengatasi bila ada pesaing dalam berdagang, dapat dilakukan
dengan cara memberikan potongan harga barang tapi dengan tetap mempertahankan
kualitas barang yang dijual. Hal ini dimaksudkan agar konsumen tetap tertarik
dengan barang kita jual dan tidak berpindah ke tempat lain. Selain itu bisa
juga dengan melakukan promosi – promosi yang dapat menarik pembeli, seperti
beli dua gratis satu. Disam ping itu juga bisa dengan memberlakukan kupon
berhadiah.
BAB III
PENUTUP
Simpulan
Merintis
usaha baru dengan bisnis souvenirs aksesoris bros merupakan suatu usaha yang
memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini dikarenakan belum ada pesaing
dalam penjualan aksesoris.
Berdasarkan
adanya faktor-faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan-bahan,
sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan
membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan
memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang
relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.
Aksesoris
yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang
bagus, karena aksesoris ini dibuat sendiri dengan tangan-tangan kreatif
pembuatnya. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif terjangkau.
Memulai wirausaha tidak harus dengan
modal yang besar. Beberapa jenis usaha bisa dimulai dengan modal yang kecil.
Prakteknya pun bisa disambi dengan tetap melakukan pekerjaan utamanya.
Strategi pemula untuk perkembangan usaha ini sangatlah mudah, kita cukup
mengenalkan kepada teman, saudara, teman, tetangga dan lainnya, kita juga bisa
memposting foto-foto yang menarik di media sosial seperti BBM, instagram,
facebook dan lainnya untuk mempertlihatkan kecantikkan produk aksesoris bros
yang kita buat. Karena untuk usaha ini tanpa membangun sebuah toko dulu pun
kita sudah bisa melakukan usaha ini.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar